Harga Naik, Konsumen Turun: Ini Strategi Loyalti Biar Pelanggan Tetap Setia

Pelaku bisnis wajib menguasai strategi loyalti biar pelanggan tetap setia, karena pasalnya pelanggan yang setia adalah “mesin penggerak” sebuah bisnis. Jadi, kondisi pelanggan memengaruhi usia dan perkembangan operasional bisnis.

Sayangnya, pada kondisi harga yang serba naik, daya beli konsumen cenderung menurun. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena artikel ini akan membahas lebih lengkap terkait strategi agar konsumen tetap loyal. Mari kita bahas bersama-sama!

Tantangan Pelaku Usaha saat Harga Naik

Sebelum mengetahui berbagai strategi loyalti agar pelanggan tetap setia, baiknya Anda identifikasi dulu tantangan berbisnis saat harga naik. Berikut penjelasannya:

  1. Kenaikan Harga Bahan Baku dan Distribusi

Kenaikan bahan baku dan biaya produksi menjadi tantangan utama bagi pelaku bisnis. Saat kondisi ekonomi tidak stabil, harga bahan baku naik dan memengaruhi biaya distribusi produksi. Sehingga, perlu ada strategi menghadapi kenaikan bahan baku ini!

  1. Penyesuaian Harga Jual Bisa Menurunkan Volume Transaksi

Biasanya, pelanggan akan mencari tempat jualan yang lebih murah, sehingga penyesuaian harga dapat menurunkan volume transaksi. Inilah pentingnya pelaku bisnis harus berpikir cepat untuk menyusun strategi.

  1. Risiko Kehilangan Pelanggan Setia

Jika Anda terus berpegang teguh pada strategi lama tanpa inovasi, maka risiko kehilangan pelanggan setia akan tinggi. Maka, selain meningkatkan nilai produk Anda, lakukan penyesuaian harga yang masuk akal.

Pentingnya Strategi Loyalti di Masa Sulit

Sudah diketahui bahwa masa-masa sulit bagi pelaku usaha adalah ketika semua harga bahan baku dan produksi naik. Maka, dibutuhkan strategi loyalti dari pelanggan agar bisnis tetap berjalan. Berikut alasan pentingnya:

  1. Menjaga Hubungan Jangka Panjang

Bisnis yang berusia panjang adalah bisnis yang mampu menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggannya. Tingkatkan terus pelayanan Anda dan kualitas produk agar loyalitas pelanggan dapat terus terjalin.

  1. Mengurangi Ketergantungan pada Promo Besar

Jangan tergiur untuk memberikan promo besar-besaran pada pelanggan. Strategi ini memang dinilai efektif, tapi jangka waktunya sebentar. Pastikan Anda memikirkan strategi yang berdampak jangka panjang!

  1. Meningkatkan Nilai Transaksi Per Pelanggan

Strategi loyalti biar pelanggan tetap setia berikutnya adalah meningkatkan nilai transaksi per pelanggan. Artinya, Anda harus memikirkan cara bagaimana agar aktivitas up-selling berhasil dan pelanggan mampu menghabiskan lebih banyak uang dalam satu waktu.

Jenis-Jenis Program Loyalti yang Efektif

Berikutnya, Anda dapat mengetahui jenis program loyalti yang efektif untuk dicoba. Hal ini menjadi langkah penting mengubah pelanggan biasa menjadi pelanggan setia. Berikut jenisnya:

  1. Point-Based

Jenis ini memungkinkan pelanggan mengumpulkan poin yang dapat ditukar atau redeem dalam bentuk diskon, hadiah gratis, maupun cashback.

  1. Membership Tiering

Program membership tiering memungkinkan pelanggan dapat mendapatkan benefit berdasarkan level atau tingkatan yang dimilikinya. Semakin tinggi level konsumen, maka semakin banyak hadiah eksklusif yang didapatkan.

  1. Cashback atau Voucher Belanja

Cashback atau voucher belanja juga menjadi program loyalti yang efektif. Cara kerjanya, pelanggan dapat bonus cashback untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

  1. Referral Reward

Jenis program ini memungkinkan Anda mendapatkan hadiah eksklusif jika berhasil membawa pelanggan lain. Strategi loyalti biar pelanggan tetap setia ini biasanya memiliki referral code.

  1. Personalized Rewards

Strategi loyalti efektif terakhir yang dapat Anda coba adalah personalized rewards. Pelanggan akan mendapatkan penghargaan yang disesuaikan minat, motivasi hingga preferensi pelanggan.

Itulah berbagai cara pelaku usaha untuk meningkatkan loyalitas pelanggannya. Berbagai strategi loyalti biar pelanggan tetap setia akan sia-sia jika Anda tidak konsisten menerapkannya. Selalu lakukan evaluasi agar bisnis dapat terus berkembang.

Jika Anda butuh bantuan untuk meningkatkan bonus atau solusi keuangan lebih praktis, Anda dapat mengandalkan OttoDigital. Kami merupakan solusi praktis untuk memperkuat strategi bisnis Anda. Hubungi kami di sini!

Berita Lainnya

emas-fisik-atau-emas-digital
Lebih Untung Menabung Emas Fisik atau Emas Digital? Simak Jawabannya di Sini!
apa-strategi-supply-chain
Strategi Supply Chain Management di Tengah Fluktuasi Ekonomi
apa-peran-teknologi-dalam-meningkatkan-efisiensi
Peran Teknologi dalam Meningkatkan Efisiensi Rantai Pasok: Solusi Bisnis Naik Level

Hanya untuk Karyawan OttoDigital

Situs ini dibatasi hanya untuk karyawan OttoDigital. Pastikan Anda telah masuk dengan email OttoDigital Anda di browser untuk mengunjungi situs ini