Mendapatkan pelanggan baru memang sangat penting, tapi menjaga pelanggan setia untuk terus kembali dan melakukan pembelian berulang adalah kunci pertumbuhan bisnis.
Di sinilah Anda bisa menggunakan sistem poin reward untuk meningkatkan repeat order sebagai bagian dari strategi efektif bisnis. Tapi, bagaimana caranya menerapkan strategi sistem poin ini ke dalam bisnis Anda? Jangan lewatkan penjelasannya berikut ini!
Apa itu Sistem Poin Reward dan Mengapa Efektif?
Sederhananya, sistem poin reward adalah strategi pemasaran yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan poin ketika bertransaksi atau melakukan interaksi tertentu dengan bisnis. Contohnya, dengan memberikan review atau merekomendasikan produk ke teman.
Nah, mengapa sistem ini efektif bagi bisnis? Melalui sistem ini, pelanggan merasa seakan mendapat “imbalan” dari tiap transaksi yang mereka lakukan sehingga akan terdorong untuk berbelanja lagi demi menambah jumlah poin mereka.
Dengan perencanaan yang tepat, sistem ini tidak hanya bisa meningkatkan loyalitas saja, tapi juga memperkuat hubungan antara brand dan pelanggan dalam jangka panjang.
Manfaat Sistem Poin untuk Repeat Order
Manfaat sistem poin reward untuk meningkatkan repeat order dapat dirasakan secara efektif membuat pelanggan tidak hanya sekali membeli dan pergi, tapi juga mengajak mereka untuk berbelanja lebih sering. Berikut manfaat selengkapnya.
- Mendorong Pembelian Lebih Sering
Pelanggan yang mendapat penawaran sistem poin sebagai reward akan tergerak untuk mengumpulkan poin lebih banyak sehingga tidak akan ragu untuk membeli produk lagi dalam waktu dekat.
- Membentuk Kebiasaan Belanja Berulang
Dengan adanya iming-iming poin saat berbelanja, pelanggan akan lebih termotivasi untuk meningkatkan frekuensi belanja mereka yang juga bisa meningkatkan nilai penjualan produk Anda.
- Memberikan Rasa “Keuntungan” Bagi Pelanggan
Pelanggan yang merasa ragu ketika akan berbelanja dan menemukan produk yang memiliki sistem poin sebagai reward, pasti akan melihatnya sebagai sesuatu yang menguntungkan.
Pelanggan pun akan semakin yakin untuk melakukan pembelian atau bahkan repeat order di waktu belanja berikutnya.
Cara Menerapkan Sistem Poin Reward yang Efektif
Sistem poin reward untuk meningkatkan repeat order akan menjadi strategi yang efektif dan berhasil bila dijalankan menggunakan cara-cara yang tepat seperti berikut.
- Tentukan Skema Poin yang Jelas
Pastikan Anda memiliki skema poin yang jelas, mudah dipahami, dan mudah diikuti oleh pelanggan. Sistem yang rumit cenderung akan membuat pelanggan enggan mengikuti program dan alhasil tidak akan efektif untuk bisnis Anda.
- Gunakan Sistem POS yang Mendukung Loyalty Program
Sistem POS yang mampu mendukung loyalty program akan mempermudah Anda dalam mengelola poin secara otomatis. Anda bisa memantau data pembelian hingga memantau efektivitasnya untuk membuat promo yang lebih tertarget ke depannya.
- Tawarkan Reward yang Relevan dan Menarik
Pastikan reward yang Anda tawarkan benar-benar relevan dan diinginkan oleh pelanggan. Sistem yang menarik juga akan membuat minat pelanggan semakin meningkat untuk berpartisipasi dalam program.
- Komunikasikan Program dengan Jelas ke Pelanggan
Komunikasikan secara jelas program poin kepada pelanggan Anda, baik itu melalui toko fisik, toko online, media sosial, dan email.
Gunakan notifikasi digital, banner, dan struk agar mereka tahu penawaran apa yang sedang berlangsung dan aktif berpartisipasi.
Manfaatkan Sistem Poin OttoDigital dan Tingkatkan Nilai Repeat Order Produk Anda!
Terbukti, sistem poin reward untuk meningkatkan repeat order sangatlah ampuh untuk diterapkan. Sistem poin reward bisa menjadi dorongan kuat untuk membuat pelanggan terus kembali dan meningkatkan frekuensi belanja mereka.
Dengan menggunakan strategi yang tepat serta dukungan platform yang mudah digunakan dan fleksibel bagi semua jenis bisnis seperti OttoDigital, meningkatkan repeat order bukan lagi target bisnis yang sulit dicapai.
Manfaatkan kesempatan ini dengan langsung mendaftar ke layanan kami di sini dan jadi bagian dari bisnis modern yang selalu unggul dan terdepan!