Loyalty Program

5 Cara Bikin Pelanggan Setia di Usaha Makanan

Bingung memilih loyalty program agar pelanggan setia memilih bisnis F&B? Di tengah persaingan bisnis F&B yang semakin kompetitif, loyalty program adalah cara efektif menjaga pelanggan tetap kembali.

Menjalankan bisnis kuliner membutuhkan strategi loyalty program yang tepat agar dapat menjaring pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Salah satu cara yang efektif adalah dengan menerapkan program loyalty pelanggan.

Artikel ini akan membahas jenis loyalty program yang efektif untuk bisnis F&B dan cara menerapkan. Yuk, simak info lengkapnya!

Jenis Loyalty Program yang Efektif untuk Bisnis F&B

Ada beberapa jenis loyalty program yang cocok dan efektif diterapkan untuk bisnis F&B. Berikut di antaranya:

  1. Program Poin

Program poin adalah bentuk loyalty program yang paling populer. Setiap kali pelanggan melakukan transaksi, mereka akan mendapatkan poin yang bisa dikumpulkan dan ditukar dengan hadiah menarik, seperti diskon, voucher makan, atau produk gratis.

Agar lebih praktis, Anda bisa menyerahkan pengelolaan loyalty program dalam bentuk poin ini kepada OttoDigital. Sistem ini memungkinkan pencatatan transaksi secara otomatis dan terintegrasi dengan POS (Point of Sales) bisnis Anda.

  1. Kartu Loyalitas (Stamp Card)

Jenis loyalty program ini memberikan pelanggan kartu digital atau fisik yang bisa distempel setiap kali mereka melakukan pembelian. Setelah mencapai jumlah tertentu, pelanggan bisa mendapatkan hadiah, seperti menu gratis atau potongan harga.

Beberapa bisnis F&B kini mengubah kartu fisik menjadi kartu digital agar lebih mudah diakses dan mengurangi risiko hilang atau rusak.

  1. Program Rekomendasi (Referral)

Program referral dalam loyalty program memberi insentif kepada pelanggan yang berhasil mengajak teman atau keluarga untuk mencoba produk Anda. Insentif bisa berupa poin tambahan, voucher, atau menu gratis.

Selain meningkatkan penjualan, loyalty program ini juga efektif untuk memperluas jangkauan pelanggan melalui promosi dari mulut ke mulut (word of mouth) yang lebih alami dan dipercaya.

  1. Promo Hari Ulang Tahun

Melakukan jenis loyalty program dalam bentuk promo spesial saat pelanggan berulang tahun dapat menciptakan kesan personal yang mendalam. Anda bisa memberikan diskon khusus, menu gratis, atau hadiah kecil. Cara sederhana ini terbukti ampuh memperkuat hubungan emosional pelanggan dengan brand Anda.

  1. Program Keanggotaan Eksklusif

Loyalty program ini menawarkan keanggotaan premium bagi pelanggan yang ingin mendapatkan berbagai benefit spesial, seperti promo eksklusif, prioritas layanan, atau akses ke event khusus.

Dengan sistem ini, pelanggan merasa lebih dihargai dan menjadi bagian dari komunitas eksklusif brand Anda.

Strategi Menerapkan Loyalty Program yang Sukses

Loyalty program membutuhkan strategi yang tepat agar bisa sukses meningkatkan loyalitas pelanggan. Berikut ini strategi menerapkan loyalty program yang sukses yang bisa Anda coba:

  1. Sesuaikan dengan Target Pasar

Loyalty program harus disesuaikan dengan target pasar agar lebih efektif. Maka dari itu, penting untuk mengumpulkan data terkait kebiasaan dan preferensi pelanggan agar dapat memberikan program loyalti yang sesuai.

  1. Mudah Dipahami dan Digunakan

Strategi loyalty program yang cocok untuk bisnis F&B akan lebih sukses jika mudah dimengerti dan digunakan oleh pelanggan. Selain memberikan akses yang mudah, memberikan informasi dan sosialisasi terkait loyalty program juga perlu dilakukan.

  1. Hadiah Menarik dan Relevan

Agar pelanggan tertarik dengan loyalty program Anda, cobalah untuk menawarkan hadiah yang menarik. Selain itu, pastikan juga hadiah yang diberikan juga relevan dengan kebutuhan pelanggan agar lebih tertarik untuk mendapatkannya.

  1. Promosi Aktif ke Pelanggan

Loyalty program akan lebih sukses dan efektif jika dibarengi dengan promosi secara aktif. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan loyalty program agar semakin banyak pelanggan yang tahu.

  1. Evaluasi dan Perbaikan Berkala

Untuk mengetahui efektivitas strategi loyalty program, perlu dilakukan evaluasi secara berkala. Dengan melakukan evaluasi, Anda bisa melihat strategi mana yang berhasil dan mana yang perlu diperbaiki agar lebih optimal.

Kelola Loyalty Program Lebih Praktis dan Mudah dengan OttoDigital

Loyalty program yang tepat bisa membuat pelanggan semakin terikat dengan produk atau layanan Anda. Maka dari itu, perlu strategi loyalty program yang cocok untuk bisnis F&B agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan secara efektif

Gunakan dukungan teknologi dari OttoDigital untuk kelola program loyalitas dengan lebih efisien dan terintegrasi. Hubungi Layanan Pelanggan OttoDigital di sini dan dapatkan solusi terbaik untuk pengelolaan loyalty program Anda.

Hanya untuk Karyawan OttoDigital

Situs ini dibatasi hanya untuk karyawan OttoDigital. Pastikan Anda telah masuk dengan email OttoDigital Anda di browser untuk mengunjungi situs ini

Hanya untuk Karyawan OttoDigital

Situs ini dibatasi hanya untuk karyawan OttoDigital. Pastikan Anda telah masuk dengan email OttoDigital Anda di browser untuk mengunjungi situs ini