Bingung memilih loyalty program yang cocok untuk bisnis F&B? Di tengah persaingan bisnis F&B yang semakin kompetitif, loyalty program adalah cara efektif menjaga pelanggan tetap kembali.
Menjalankan bisnis kuliner membutuhkan strategi yang tepat agar dapat menjaring pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Salah satu cara yang efektif adalah dengan menerapkan program loyalty pelanggan.
Artikel ini akan membahas jenis loyalty program yang efektif untuk bisnis F&B dan cara menerapkan. Yuk, simak info lengkapnya!
Jenis Loyalty Program yang Efektif untuk Bisnis F&B
Ada beberapa jenis loyalty program yang cocok dan efektif diterapkan untuk bisnis F&B. Berikut di antaranya:
- Program Poin
Program poin merupakan bentuk loyalty program paling populer di bisnis F&B. Setiap kali pelanggan melakukan pembelian, mereka mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan hadiah, voucher, atau diskon menarik. Contohnya, pelanggan mendapat 1 poin untuk setiap Rp10.000 transaksi, dan bisa menukarnya dengan minuman gratis atau potongan harga di kunjungan berikutnya.
Agar lebih praktis, Anda bisa menyerahkan pengelolaan program poin ini kepada OttoDigital.
- Kartu Loyalitas (Stamp Card)
Jenis loyalty program yang cocok untuk bisnis F&B yang selanjutnya adalah kartu loyalitas. Program ini berupa kartu member yang memiliki level berbeda di mana semakin tinggi level semakin menarik benefit yang diberikan.
Program ini sederhana, namun sangat efektif untuk mendorong pelanggan melakukan kunjungan berulang.
- Program Rekomendasi (Referral)
Program referral menawarkan imbalan kepada pelanggan yang berhasil mengajak teman atau keluarga untuk mencoba produk Anda. Misalnya, pelanggan mendapat diskon 10% jika berhasil mengundang satu orang untuk membeli produk.
Program ini tidak hanya meningkatkan loyalitas pelanggan lama, tapi juga menjadi strategi promosi organik yang sangat efisien.
- Promo Hari Ulang Tahun
Jenis loyalty program yang cocok untuk bisnis F&B yang selanjutnya adalah memberikan promo hari ulang tahun. Anda bisa memberikan diskon khusus atau hadia spesial kepada pelanggan yang ulang tahun. Selain menjaga hubungan baik, cara ini efektif meningkatkan loyalitas pelanggan.
- Program Keanggotaan Eksklusif
Loyalty program ini menawarkan keuntungan menarik kepada anggota eksklusif. Untuk bisa mendapatkan keanggotaan eksklusif, pelanggan perlu membayar biaya keanggotaan agar dapat mengakses berbagai benefit menarik seperti diskon, produk eksklusif hingga penawaran khusus.
Strategi Menerapkan Loyalty Program yang Sukses
Loyalty program membutuhkan strategi yang tepat agar bisa sukses meningkatkan loyalitas pelanggan. Berikut ini strategi menerapkan loyalty program yang sukses yang bisa Anda coba:
- Sesuaikan dengan Target Pasar
Loyalty program harus disesuaikan dengan target pasar agar lebih efektif. Maka dari itu, penting untuk mengumpulkan data terkait kebiasaan dan preferensi pelanggan agar dapat memberikan program loyalti yang sesuai.
- Mudah Dipahami dan Digunakan
Strategi loyalty program yang cocok untuk bisnis F&B akan lebih sukses jika mudah dimengerti dan digunakan oleh pelanggan. Selain memberikan akses yang mudah, memberikan informasi dan sosialisasi terkait loyalty program juga perlu dilakukan.
- Hadiah Menarik dan Relevan
Agar pelanggan tertarik dengan loyalty program Anda, cobalah untuk menawarkan hadiah yang menarik. Selain itu, pastikan juga hadiah yang diberikan juga relevan dengan kebutuhan pelanggan agar lebih tertarik untuk mendapatkannya.
- Promosi Aktif ke Pelanggan
Loyalty program akan lebih sukses dan efektif jika dibarengi dengan promosi secara aktif. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan loyalty program agar semakin banyak pelanggan yang tahu.
- Evaluasi dan Perbaikan Berkala
Untuk mengetahui efektivitas strategi loyalty program, perlu dilakukan evaluasi secara berkala. Dengan melakukan evaluasi, Anda bisa melihat strategi mana yang berhasil dan mana yang perlu diperbaiki agar lebih optimal.
Kelola Loyalty Program Lebih Praktis dan Mudah dengan OttoDigital
Loyalty program yang tepat bisa membuat pelanggan semakin terikat dengan produk atau layanan Anda. Maka dari itu, perlu strategi loyalty program yang cocok untuk bisnis F&B agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan secara efektif
Gunakan dukungan teknologi dari OttoDigital untuk kelola program loyalitas dengan lebih efisien dan terintegrasi. Hubungi Layanan Pelanggan OttoDigital di sini dan dapatkan solusi terbaik untuk pengelolaan loyalty program Anda.