Pelanggan setia adalah aset berharga bagi bisnis. Untuk mempertahankan mereka, banyak pelaku usaha yang menggunakan loyalty program . Nah, sudah tahukah Anda apa itu loyalty program dan bagaimana cara kerjanya?
Program satu ini memiliki cara kerja yang menarik dengan jenis program yang bervariasi. Artikel berikut akan secara khusus mengajak Anda mengenal lebih jauh strategi ini yang bisa bantu tingkatkan strategi pemasaran Anda menjadi lebih terukur.
Yuk, pelajari bersama OttoDigital!
Pengertian Loyalty Program dan Tujuannya
Untuk mengenal apa itu loyalty program dan bagaimana cara kerjanya, tentu pertama-tama Anda harus mengetahui dulu definisi dan tujuan utama dari strategi ini.
Loyalty program adalah jenis strategi dalam bisnis yang digunakan untuk mendorong pembelian berulang dengan cara memberikan reward atau penghargaan kepada pelanggan.
Pelanggan yang mendapatkan reward biasanya merupakan pelanggan setia yang secara teratur membeli produk atau menggunakan jasa suatu perusahaan.
Selain untuk mendorong pembelian, program ini juga dirancang khusus untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, menghindari beralih ke kompetitor, dan pada akhirnya akan tetap setia dengan bisnis Anda dalam jangka panjang.
Dengan kata lain, program ini bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, meski bentuk strategi yang dijalankan bisa saja berbeda-beda.
Jenis-Jenis Loyalty Program yang Umum
Pemberian reward kepada pelanggan dapat dilakukan melalui jenis program yang berbeda-beda. Mari mengenal apa itu loyalty program dan bagaimana cara kerjanya lewat jenis-jenisnya berikut ini.
- Point-based
Jenis loyalty program ini memungkinkan pelanggan mendapatkan poin di setiap pembelian produk. Lalu, poin yang terkumpul nantinya bisa ditukarkan dengan reward tertentu dalam bentuk diskon maupun hadiah gratis.
- Membership
Melalui program membership, pelanggan akan mendapatkan diskon khusus dengan mendaftar menjadi anggota. Membership dengan level lebih tinggi, biasanya akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dibandingkan pelanggan lainnya.
Cara ini cukup efektif untuk menjaga pelanggan tetap setia dan terus melakukan pembelian yang bisa meningkatkan tingkat penjualan bisnis Anda.
- Cashback atau Voucher
Cashback adalah jenis loyalty program yang memungkinkan pelanggan mendapat pengembalian uang dari setiap pembelian yang dilakukan.
Sementara itu, voucher biasanya akan diberikan sebagai bagian dari program loyalitas dalam bentuk diskon atau potongan harga untuk belanja berikutnya.
- Referral
Bentuk loyalty program ini tak hanya ampuh untuk mempertahankan pelanggan setia, tapi juga memungkinkan Anda mendapat pelanggan baru.
Ini karena cara kerja program referral yang mengharuskan pelanggan untuk mengajak teman atau orang terdekat menggunakan suatu produk atau layanan untuk mendapatkan reward spesial.
Cara Kerja dan Implementasi Loyalty Program
Loyalty program bekerja dengan cara yang cukup sederhana. Pelanggan yang berbelanja suatu produk akan mendapatkan poin dari setiap pembelian mereka. Poin yang terkumpul nantinya bisa ditukarkan dengan produk gratis, hadiah, atau diskon.
Dalam menjalankan strategi ini, pelaku usaha sering menggunakan media digital seperti platform online dan aplikasi mobile. Terkadang, media fisik juga digunakan seperti kartu anggota (membership) maupun voucher fisik.
Loyalty Program OttoDigital: Layanan Handal Tingkatkan Penjualan
Mempertahankan pelanggan setia bisa diawali dengan langkah sederhana seperti memahami lebih lanjut apa itu loyalty program dan bagaimana cara kerjanya.
Program satu ini bukan sekadar memberikan hadiah, tapi juga bisa mendorong hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Dengan strategi dan platform yang tepat, loyalty program bisa jadi sumber pertumbuhan bisnis yang konsisten.
Hanya dengan platform handal seperti OttoDigital, Anda bisa pertahankan pelanggan setia sekaligus tingkatkan penjualan bisnis Anda. Yuk, coba seperti apa keunggulan layanan kami dengan klik di sini sekarang juga!