Dukung Penuh Pertumbuhan UMKM, KB Bank Berkolaborasi dengan OttoDigital melalui KUR

Jakarta, 6 Maret 2024 – KB Bank terus berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan memperkuat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), salah satunya melalui penyaluran kredit usaha rakyat (KUR). Wujud nyata perseroan atas komitmen tersebut dilakukan KB Bank dengan menggandeng OttoDigital, grup usaha digital ekosistem Salim Group melalui lini bisnis PT Reksa Transaksi Sukses Makmur untuk memudahkan penyaluran KUR kepada merchant terpilih atau mitra UMKM yang berada dibawah naungannya.

Kerjasama inovatif ini meningkatkan akses pembiayaan kepada para pelaku usaha Mikro dengan menggunakan platform OttoPay yang memiliki +1,9 juta merchant di seluruh Indonesia. Untuk memberikan kemudahan yang komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan UMKM, aplikasi OttoPay fokus untuk membantu pengelolaan usaha bagi mitra dengan beragam fitur layanan. Mulai dari penyediaan barang grosir, penjualan produk digital, penerimaan pembayaran non-tunai, pencatatan transaksi digital, hingga solusi modal usaha. Melalui aplikasi tersebut, memungkinkan mitra untuk melakukan penambahan modal usaha dengan plafon KUR hingga Rp500 juta dengan suku bunga mulai dari 6 persen efektif per tahun. Untuk dapat menjangkau para pelaku usaha mikro, KB Bank menyediakan 13 KUR Centre yang tersebar di sejumlah daerah, sehingga mempermudah pengajuan kredit usaha rakyat.

Direktur Bisnis UKM & Wholesale Yohanes Suhardi mengatakan, “Kemitraan yang terjalin antara KB Bank dan OttoDigital merupakan langkah strategis yang diambil untuk berkontribusi terhadap perkembangan UMKM dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kami berharap dengan adanya fasilitas pembiayaan KUR, para pelaku UMKM dapat memperluas usahanya, meningkatkan omsetnya, dan menciptakan lapangan kerja baru. Kami juga terus melakukan pendampingan dan pelatihan kepada para debitur KUR agar mereka dapat mengelola usahanya dengan baik dan profesional.”

Direktur PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Grace Sunarjo menambahkan bahwa kolaborasi ini merupakan strategi untuk memperkuat peran UMKM bagi perekonomian dan pemberdayaan masyarakat. Melalui layanan pengembangan usaha KUR menjadi pelengkap solusi modal usaha melalui aplikasi OttoPay. “Mitra UMKM semakin dipermudah untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan usaha dengan plafon pembiayaan yang tinggi. Layanan ini membantu perputaran modal sehingga memungkinkan memenuhi kebutuhan stok barang dagangan kapan saja serta menggunakan dana untuk pengembangan usaha dengan jangka waktu kredit yang lebih panjang. Harapannya, kolaborasi ini dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan inklusi keuangan dan inovasi berkelanjutan bagi seluruh pelaku usaha UMKM di seluruh Indonesia,” ujar Grace. 

Kerja sama ini ditandai dengan seremoni penandatanganan fasilitas kredit yang diadakan di kantor pusat Bank KB Bank pada Rabu, 6 Maret 2024. Acara ini dihadiri oleh Robby Mondong selaku Vice President Director KB Bank, Yohanes Suhardi selaku Direktur Bisnis UKM KB Bank dan Wholesale, Theodorus Wiryawan selaku Chief of Executive (CEO) OttoDigital, Grace Sunarjo selaku Direktur PT Reksa Transaksi Sukses Makmur (OttoPay) dan seluruh jajaran direksi KB Bank bersama OttoDigital.

KB Bank melihat UMKM sebagai sektor yang berpotensi besar mendorong perekonomian nasional dengan kontribusi UMKM terhadap PDB berada di sekitar 60% dan menyerap 96% tenaga kerja nasional. Berangkat dari situ, KB Bank berharap penyaluran KUR ke UMKM mampu mendorong UMKM naik kelas, dengan menghasilkan produk unggulan baik di dalam negeri maupun internasional.

Tentang OttoDigital 

OttoDigital – group usaha Digital Ekosistem Salim Group memiliki tujuan untuk menyediakan layanan digital holistik untuk para pelaku usaha baik UMKM dan Modern Merchant melalui solusi layanan pembayaran, pengelolaan usaha, supply chain, dan program loyalitas serta aggregator produk keuangan agar dapat mendorong akselerasi digitalisasi Indonesia.

PT Reksa Transaksi Sukses Makmur (OttoPay)

PT Reksa Transaksi Sukses Makmur “OttoPay” merupakan solusi ekosistem keuangan dan pembayaran dari penjual (pedagang) dan pembeli (pelanggan). Memiliki peran sebagai Penyelenggara Jasa Pembayaran Kategori 2 dan merchant aggregator yang merekrut toko-toko untuk menerima pembayaran dan melakukan penjualan via aplikasi. Merchant yang sudah menggunakan aplikasi OttoPay disebut sebagai “Mitra OttoPay” dan berkesempatan untuk dapat mengakses langsung fitur OttoCash, OttoKasir, OttoPoint, serta dapat melakukan order barang grosir melalui aplikasi OttoPay. Dalam pelaksanaannya, OttoPay memastikan kerahasiaan dan jaminan data pribadi mitra OttoPay.  

Saat ini OttoPay telah menjadi payment solution bagi mitra bisnis modern melalui pembayaran via EDC, QRIS, serta tambahan layanan lainnya seperti pencatatan transaksi digital secara real time. Dalam upaya menjalankan komitmen untuk menjaga keamanan transaksi maupun informasi sesuai regulasi yang berlaku, maka OttoPay telah tersertifikasi ISO 27001 dan PCIDSS.

Tentang KB Bank

PT Bank KB Bukopin Tbk (“Perseroan”) adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Bank Bukopin (sekarang: KB Bukopin) didirikan pada tanggal 10 Juli 1970 dan dikenal sebagai Bank Umum Koperasi Indonesia. Pada 23 Februari 2021, setelah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK, Perseroan mengumumkan perubahan nama dari PT Bank Bukopin Tbk menjadi PT Bank KB Bukopin Tbk.

Mengusung tagline “Bersama, Kita Bintang Finansialnya”, KB Bukopin bertekad mewujudkan visi menjadi Top 10 bank di Indonesia. Komposisi setelah pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas (PUT) VII, komposisi kepemilikan saham KB Bukopin yaitu KB Kookmin Bank sebesar 66.88%, STIC Eugene Star Holdings Inc. sebesar 16.98% dan publik 16.14%.

KB Kookmin Bank berada pada  urutan pertama dalam Bank paling besar di Korea Selatan dengan aset US$517,56 miliar per September 2022. Sehingga memiliki kemampuan keuangan yang sangat besar dan kokoh untuk mendukung pengembangan Bank KB Bukopin.  Selain itu, KB Kookmin Bank juga memiliki basis pelanggan yang mencapai 70% populasi Korea Selatan, serta memiliki peringkat kredit tertinggi di antara bank-bank Korea, serta dikenal sebagai entitas bisnis keuangan yang paling menguntungkan, solid, dan stabil

Berita Lainnya

test-foto-artikel-2
Kolaborasi MARI bersama OttoDigital dan Primacom Optimalkan Ekosistem Digital di Lingkungan Pendidik...
MP STORE - Artikel
Kolaborasi MPStore dan OttoDigital: Mendukung Pertumbuhan UMKM Go Digital dengan Layanan Payment Gat...
otto uninus
OttoDigital Mendukung Perluasan Ekosistem Digital "Universitas Islam Nusantara" (UNINUS) Bandung

Hanya untuk Karyawan OttoDigital

Situs ini dibatasi hanya untuk karyawan OttoDigital. Pastikan Anda telah masuk dengan email OttoDigital Anda di browser untuk mengunjungi situs ini