Pentingnya Customer Experience dalam Bisnis: Kunci Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Yang pertama perlu diingat yaitu pembayaran adalah jembatan utama dan penting dalam bisnis untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelajari lebih lanjut peran dari pembayaran dalam bisnis. 

Peran pembayaran sebagai jembatan utama antara pelanggan dan penjual atau pemilik usaha ini dapat diilustrasikan dengan: apabila pembayaran sebagai jembatan ini kokoh, proses pembelian berjalan lancar, pelanggan puas, dan bisnis pun berkembang. Sebaliknya, jika sistem pembayaran bermasalah—entah karena opsi yang terbatas, transaksi gagal, atau proses yang terlalu rumit—pelanggan bisa frustrasi dan bahkan batal membeli. Lalu, apa yang perlu bisnis lakukan? Di bawah ini yang bisa dilakukan, diantaranya:

Apa yang bisa bisnis lakukan?
✅ Menyediakan berbagai metode pembayaran—dari QRIS, tersedia untuk bayar dari e-wallet, hingga kartu debit/kredit.
✅ Memastikan transaksi cepat dan aman.
✅ Memberikan opsi pembayaran online maupun offline agar pelanggan lebih leluasa.

Berikut perbedaan pembayaran online dan offline beserta kegunaan nya.  Jika dari bisnis yang berjalan memerlukan beberapa peningkatan dari fitur pembayaran seperti pembayaran online / payment gateway,
5 alasan ini yang bisa menjadi pertimbangan mengapa penting adanya payment gateway. Untuk bisa melihat layanan dan pricing/harga, kunjungi link di bawah ini.

🔗 Solusi lengkap Payment Gateway untuk bisnis → Lihat selengkapnya

Namun, memiliki sistem pembayaran saja belum cukup, untuk memastikan pelanggan kembali bertransaksi. First purchase experience sangat berpengaruh pada keputusan mereka untuk berbelanja lagi. Oleh karena itu, program loyalitas bisa menjadi strategi efektif untuk meningkatkan retensi pelanggan.

Menurut Harvard Business Review, meningkatkan retensi pelanggan sebesar 5% dapat meningkatkan profit perusahaan antara 25% hingga 95%. Hal ini menunjukkan bahwa upaya mempertahankan pelanggan existing memiliki dampak signifikan terhadap profitabilitas bisnis.

Dalam artikel yang diterbitkan oleh Bain & Company, disebutkan bahwa peningkatan retensi pelanggan sebesar 5% dapat menghasilkan peningkatan profit lebih dari 25% di sektor jasa keuangan. Selain itu, penelitian oleh Reichheld dan Schefter dalam artikel “E-Loyalty: Your Secret Weapon on the Web” juga mendukung temuan ini, dengan menyatakan bahwa peningkatan retensi pelanggan sebesar 5% dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan hingga 95%.

Sehingga, berdasarkan dari penelitian dan referensi tsb, salah satu cara pertama dan terbaik adalah dengan memberikan reward setelah transaksi pertama, seperti:

🎁 Poin loyalty untuk ditukar dengan diskon atau hadiah.
🎟️ Voucher cashback untuk pembelian berikutnya.
👥 Program referral agar pelanggan membawa lebih banyak pengguna baru.

Dengan solusi Loyalty & Reward dari OttoDigital, bisnis dapat menciptakan keterikatan yang lebih kuat dengan pelanggan dan meningkatkan tingkat repeat purchase.

Saatnya Maksimalkan Pembayaran & Loyalitas Pelanggan!

Pembayaran yang lancar adalah kunci utama dalam meningkatkan pengalaman pelanggan, sehingga perlu perhatian khusus bagaimana ini bisa berjalan lancar dan aman, pilihan pembayaran dan lainnya berjalan dengan baik. Namun, untuk bisa bisnis berkembang, bisnis dapat mengoptimalkan transaksi dan mendorong pelanggan untuk terus kembali dengan program loyalitas pelanggan. Dapatkan konsultasi gratis bagaimana OttoDigital dapat membantu perkembangan bisnis. 

Berita Lainnya

Solusi poin dan reward OttoDigital
Solusi Poin & Reward OttoDigital: Tingkatkan Loyalitas Pelanggan saat Ramadan
Strategi-bangun-loyalitas-pelanggan
Solusi Bangun Loyalitas Pelanggan saat Ramadan, Terbukti Efektif!
Strategi loyalty poin OttoDigital
Strategi Loyalty Poin untuk Pelanggan Menetap dengan Memanfaatkan Momen Ramadan

Hanya untuk Karyawan OttoDigital

Situs ini dibatasi hanya untuk karyawan OttoDigital. Pastikan Anda telah masuk dengan email OttoDigital Anda di browser untuk mengunjungi situs ini