Dalam strategi pemasaran digital, manfaat loyalty point untuk retensi pelanggan tidak bisa dianggap sepele. Program ini akan memberikan intensif atau reward kepada pelanggan yang ampuh untuk mendorong pelanggan terus kembali dan berbelanja lagi.
Jika selama ini Anda masih ragu untuk mengikutkan program ini sebagai bagian dari strategi pemasaran, ini saatnya Anda mengenali kelebihan dari program ini.
Mari kenali bersama setiap manfaatnya berikut ini.
Loyalty Point dan Retensi Pelanggan, Apa Hubungannya?
Loyalty point adalah bagian dari program loyalitas yang menggunakan poin sebagai bentuk penghargaan yang akan didapatkan oleh pelanggan karena melakukan pembelian berulang.
Poin tersebut nantinya bisa ditukarkan menjadi diskon, hadiah, atau penawaran spesial. Strategi ini diaplikasikan secara cerdas untuk mengubah pembelian berulang pelanggan yang pada akhirnya bisa membantu meningkatkan retensi pelanggan.
Ketika retensi meningkat, kecenderungan pelanggan untuk berpindah ke kompetitor pun akan semakin kecil sehingga secara langsung juga akan meningkatkan loyalitas mereka.
Dibandingkan strategi lainnya, loyalty point lebih umum digunakan sebab skemanya menguntungkan untuk satu sama lain, baik pelaku usaha maupun pelanggan.
Dampak Positif bagi Retensi Pelanggan
Manfaat loyalty point bagi retensi pelanggan sangatlah berdampak ke loyalitas dan frekuensi pembelian. Selain itu, manfaat positif lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan strategi ini di antaranya:
- Meningkatkan Keterikatan Pelanggan
Program loyalty point sering kali dibuat menggunakan kampanye yang melibatkan pelanggan secara aktif. Ini akan memperkuat hubungan pelanggan sekaligus meningkatkan keterikatan mereka dengan brand Anda.
- Mendorong Kebiasaan Belanja Berulang
Pelanggan yang mengetahui adanya sistem poin pasti lebih cenderung kembali lagi agar poin yang mereka dapat terus bertambah dan bisa ditukarkan dengan reward yang ditawarkan.
Hal ini akan secara langsung meningkatkan frekuensi pembelian dan meningkatkan kesetiaan mereka pada produk atau jasa Anda.
- Membuat Pelanggan Lebih Loyal Dibanding Kompetitor
Satu lagi manfaat loyalty point untuk retensi pelanggan adalah bisa membuat mereka jadi lebih loyal.
Program satu ini membuat pelanggan merasa dihargai ketika melakukan pembelian produk dan meningkatkan tingkat loyalitas mereka serta membuat mereka tidak mudah beralih ke kompetitor.
Strategi Maksimalkan Loyalty Point untuk Bisnis
Untuk menjalankan strategi loyalty yang efektif bagi bisnis, Anda bisa menjalankannya menggunakan cara-cara berikut ini.
- Sesuaikan Reward dengan Kebutuhan Pelanggan
Berikanlah reward atau insentif yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan agar tetap menarik dan bernilai bagi mereka. Gunakan pula sistem poin yang jelas dan mudah dipahami.
Tidak kalah penting, pastikan juga jumlahnya poin yang didapat tetap sebanding dengan nilai belanja pelanggan sehingga mereka tetap merasa diuntungkan.
- Gunakan Sistem POS atau Aplikasi Loyalty
Agar manfaat loyalty point untuk retensi pelanggan bisa benar-benar efektif, Anda juga perlu mengintegrasikannya dengan aplikasi loyalty atau sistem POS.
Cara ini akan membuat pelanggan lebih mudah mengecek jumlah poin, menerima notifikasi penawaran, hingga menukar reward mereka.
- Kampanye Khusus Loyalty
Kampanye khusus loyalty seperti reward eksklusif untuk member setia, referral bonus, maupun event khusus ulang tahun pelanggan, akan mendorong pelanggan secara aktif berinteraksi dengan brand Anda serta memperkuat retensi.
Pelanggan Makin Loyal dengan Loyalty Point OttoDigital
Loyalty point bukan sebuah gimmick semata. Manfaat loyalty point untuk retensi pelanggan sangatlah nyata untuk meningkatkan loyalitas pelanggan setia dan penjualan jangka panjang.
Strategi ini juga bisa dimaksimalkan secara penuh jika Anda memilih mitra program loyalty yang tepat seperti, OttoDigital. Bersama OttoDigital, Anda bisa raih peluang mendatangkan pelanggan loyal yang selalu setia dengan produk Anda.
Ingin mencoba layanan terbaik dari kami? Jangan ragu dan segera konsultasi dengan kami di sini!