Bisnis F&B dan retail memerlukan strategi loyalty point untuk tetap bisa bersaing di tengah arus bisnis di era digital. Jenis strategi loyalty point untuk bisnis F&B dan retail sejatinya tidak hanya terbatas pada satu macam saja.
Ada beberapa model yang kerap digunakan oleh pengusaha di bidang ini sebagai bagian dari strategi marketing yang efisien dan efektif. Untuk mengetahui apa saja jenis modelnya, yuk simak penjelasannya di artikel berikut.
Model Program Loyalty Point untuk Bisnis F&B dan Retail
Memanfaatkan program loyalty ke dalam bisnis Anda bukan berarti harus menggunakan sembarang jenis model. Kenali dulu lima model program loyalty berikut ini agar strategi ini bisa hasilkan manfaat yang optimal untuk bisnis Anda.
- Point-Based Loyalty Program
Model yang pertama ini termasuk dalam model yang paling umum digunakan. Pada point-based loyalty, pelanggan akan mendapatkan poin setiap kali mereka melakukan transaksi.
Poin itu kemudian bisa ditukarkan dengan hadiah, diskon, atau produk gratis jika jumlahnya sudah mencapai ketentuan tertentu.
- Paid Loyalty Program
Berbeda dengan model point-based, paid loyalty merupakan program loyalitas yang memungkinkan pelanggan mendapat manfaat eksklusif dari suatu produk atau jasa dengan membayar biaya keanggotaan atau membership.
- Tiered Loyalty Program
Dalam model ini, pelanggan akan dikelompokkan ke dalam beberapa tingkatan yang berbeda berdasarkan jumlah transaksi yang dilakukan. Jika tingkatannya semakin tinggi, maka manfaat yang didapatkan juga akan semakin besar.
- Cashback Loyalty Program
Cashback loyalty program bisa menjadi salah satu model loyalty point untuk bisnis F&B dan retail yang tak kalah menarik untuk dicoba.
Model ini memberikan manfaat dalam bentuk pengembalian sebagian uang atau saldo setelah melakukan suatu transaksi. Skema ini dianggap cukup menguntungkan bagi pelanggan karena manfaatnya bisa dirasakan langsung.
- Partnered Loyalty Program
Dalam program ini, dua brand atau lebih akan bekerja sama mengadakan program loyalty khusus untuk memberikan keuntungan tambahan kepada pelanggan.
Jadi, jika mengikuti program ini, pelanggan bisa menukarkan poin tidak hanya di satu brand, tapi juga melalui brand mitra.
Manfaat Loyalty Point untuk Bisnis F&B dan Retail
Program loyalty point memberi manfaat yang cukup luas bagi bisnis F&B dan retail. Apa sajakah manfaat tersebut? Berikut ini rincian manfaat selengkapnya.
- Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan
Loyalty point bisa membantu brand meningkatkan hubungan dengan pelanggan karena melalui program ini, pelanggan merasa mendapat manfaat lebih dari setiap transaksi yang dilakukan.
Rasa percaya dan keterikatan terhadap brand pun akan semakin meningkat.
- Meningkatkan Nilai Rata-Rata Transaksi
Program ini juga membuat pelanggan lebih terdorong untuk berbelanja kembali, yang artinya, akan meningkatkan nilai rata-rata transaksi secara menyeluruh.
- Membedakan Bisnis dengan Kompetitor
Melalui program loyalty, bisnis bisa tampil dengan lebih unggul dan menarik dari kompetitor, terutama bagi pelanggan yang punya banyak opsi pilihan.
- Membangun Customer Advocacy
Customer advocacy artinya pelanggan tidak hanya loyal, tapi juga suka rela merekomendasikan produk ke orang lain. Manfaat seperti ini sangat mungkin untuk didapatkan jika Anda menerapkan strategi loyalty point yang efektif.
Bangun Loyalty Program Efektif untuk Bisnis F&B dan Retail dengan OttoDigital!
Menerapkan strategi loyalty point untuk F&B dan retail sangatlah penting untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin hari semakin ketat.
Strategi ini akan begitu berguna dalam meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan hingga meningkatkan transaksi di tengah tantangan bisnis masa kini.
OttoDigital dengan layanan loyalty programnya bisa menjadi pilihan cerdas yang bisa mendukung strategi pemasaran kelangsungan bisnis Anda.
Coba sekarang keunggulan layanan kami di sini dan dapatkan penawaran khusus yang sayang jika dilewatkan begitu saja!