Setuju tidak, loyalitas pelanggan adalah faktor paling penting dalam keberhasilan sebuah bisnis? Masalahnya, pemasaran yang baik saja tidak cukup untuk mengubah konsumen menjadi pelanggan yang loyal. Kamu harus menyusun strategi jangka panjang untuk menciptakan sekaligus meningkatkan loyalitas pelanggan.
Mulai dari membangun koneksi personal dengan konsumen, menyediakan produk dan layanan berkualitas, hingga menawarkan program rewards; simak 3 rahasia bikin pelanggan setia dan tentunya membuat pelanggan makin loyal!
Berikut ini 3 rahasia bikin pelanggan setia
Bangun Koneksi Personal

Sumber foto : Envato
Membangun koneksi yang lebih personal bisa meningkatkan loyalitas pelanggan, loh. Bagaimana caranya?
1. Aktif mendengarkan dan responsif
Berikan perhatian penuh saat berinteraksi dengan pelanggan. Dengarkan kebutuhan, harapan, serta keluhan mereka. Selain itu, tanggapi feedback pelanggan secara positif dan tunjukkan inisiatif untuk menyelesaikan masalah dengan cepat.
2. Personalisasi pesan
Gunakan nama pelanggan dan sebisa mungkin sesuaikan komunikasi kamu dengan kebutuhan personal mereka. Kamu bisa menerapkan ini ke berbagai macam metode pemasaran, seperti email marketing dan WhatsApp marketing. Kamu juga bisa menerapkan personalisasi ini sebagai bagian dari copywriting. Salah satu contohnya adalah penggunaan sapaan “kamu” dalam deskripsi produk, caption media sosial, dan headline.
3. Buat konten interaktif
Kamu bisa memanfaatkan konten interaktif seperti video, siaran live, atau sesi tanya jawab. Dengan begitu, kamu telah membangun koneksi personal yang lebih kuat dengan pelanggan sekaligus meningkatkan engagement.
Produk Berkualitas, Pelayanan Berkelas

Sumber foto : Envato
Dua fondasi penting yang harus kamu perkuat demi meningkatkan loyalitas pelanggan adalah produk berkualitas dan pelayanan berkelas. Simak tipsnya di bawah ini:
- Terus berinovasi; perbarui produk kamu dan sesuaikan dengan kebutuhan pasar.
- Kualitas yang konsisten; pertahankan kredibilitas brand dan kepercayaan pelanggan dengan mempertahankan kualitas produk/jasa.
- Tawarkan garansi dan layanan purna jual yang ramah pelanggan. Segera respons pertanyaan mereka dan pandu proses pemecahan masalah hingga selesai.
- Pertahankan transparansi; bila ada kendala atau perubahan, segera komunikasikan dengan jujur dan terbuka.
- Bangun komunitas pelanggan di mana mereka bisa berinteraksi satu sama lain. Ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sense of belonging (rasa memiliki) terhadap brand kamu.
Manjakan dengan Rewards

Sumber foto : Envato
Siapa sih yang tidak suka diberi hadiah? Ya, salah satu cara efektif meningkatkan loyalitas pelanggan adalah memanjakan mereka dengan rewards. Strategi ini dikenal juga dengan istilah program loyalitas atau loyalty program. Ada bermacam-macam program yang bisa kamu buat. Ini beberapa di antaranya:
1. Diskon khusus pelanggan setia
Berikan diskon atau penawaran eksklusif kepada pelanggan setia. Cara ini efektif memotivasi mereka untuk tetap setia memilih produk atau layanan kamu.
2. Program referral
Ajak pelanggan untuk merekomendasikan produk atau layanan kamu kepada calon pelanggan potensial lainnya. Bila berhasil merekrut pelanggan baru, beri rewards seperti diskon khusus, komisi, dan lainnya.
3. Program hadiah berdasarkan riwayat pembelian
Pertimbangkan untuk memberi reward berdasarkan riwayat pembelian pelanggan. Beberapa contoh program ini adalah:
- Diskon 20% untuk pembelian kedua.
- Hadiah 1 produk setiap 10 pembelian.
- Dan lain sebagainya.
4. Program cashback
Kamu bisa menawarkan program cashback berupa uang maupun voucher belanja dengan syarat pembelian dengan nominal tertentu.
5. Sistem badge
Tawarkan hadiah bagi pelanggan setia yang mencapai prestasi tertentu, seperti “Pelanggan Terbaik Bulan Ini”. Trik ini juga bisa kamu terapkan di awal setelah konsumen melakukan pembelian pertama. Misalnya: “Selesaikan pembayaran pertamamu untuk mendapatkan voucher diskon 50%.”
6. Loyalty point
Program loyalitas ini akan memberikan poin setiap kali pelanggan melakukan pembelian. Poin yang didapat nantinya bisa ditukarkan dengan berbagai keuntungan, seperti produk gratis, diskon khusus, dan hadiah lainnya.
Coalition Loyalty Program dari OttoPoint adalah program loyalty point super lengkap yang bisa kamu coba demi meningkatkan loyalitas pelanggan. Layanan ini layaknya satu ekosistem berisi ratusan rewards dari brand-brand terkenal; uang elektronik, transportasi, pulsa telepon, pulsa listrik, belanja, dan lain-lain.
Cukup dengan satu aplikasi, pelanggan bisa mengumpulkan poin dan menukarkannya dengan bermacam-macam hadiah tersedia. Kamu juga akan dibantu oleh tim ahli untuk menemukan skema program loyalitas yang paling sesuai dengan kebutuhan brand kamu.
Saatnya upgrade bisnis kamu dengan Coalition Loyalty Program dari OttoDigital. Kamu juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan tim ahli OttoDigital di tautan ini.


